Visi & Misi

VISI


Program Studi Pendidikan Seni Musik FBS UNY adalah program studi yang mampu mewujudkan pendidik musik yang kreatif dan pro­duk­tif yang memiliki jati diri kependidikan, bernurani, unggul, cen­dekia, dan mandiri melalui tri dharma perguruan tinggi dalam bidang pen­didikan musik.


MISI


  1. Mengembangkan dan memantapkan secara sistemik dan sinergis kemam­puan kelembagaan program studi secara efektif dan efi­sien sebagai pro­gram studi yang memiliki jati diri kependidikan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang sinergis dengan pro­gram penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pen­didik­­an Seni Musik untuk menghasilkan guru musik yang pro­fesio­nal, yang bertumpu pada pengem­bangan ke­pribadian, pengetahuan, kete­ram­pil­an, serta kehidupan berma­sy­arakat dalam bidang pen­didik­an musik.
  3. Menyelenggarakan penelitian yang sinergis dengan pro­gram pen­didikan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pen­didikan Seni Musik.
  4. Menghasilkan program kegiatan pengabdian kepada masya­ra­kat untuk ikut memberdayakan masyarakat dalam bidang Pendidik­an Seni Musik.
  5. Menggalang kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi untuk pengembangan pendidikan seni musik.
     

TUJUAN


  1. Menghasilkan tenaga kependidikansenimusik yang mampu meren­cana­kan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajar­an seni  musik dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi ter­hadap   situasi yang dihadapi;
  2. Menghasilkan tenaga kependidikansenimusik yang me­nguasai ber­bagai  teori dan praktik seni musik secara men­dalam, serta mampu memfor­mulasikan penyelesaian masa­lah procedural;
  3. Menghasilkan tenaga kependidikansenimusik yang mampu meng­ambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis infor­masi dan data tentang permasalahan pembelajaran seni musik  serta dapat mem­berikan petunjuk dalam memilih ber­bagai alternatif solusi se­cara mandiri dan kelompok;
  4. Menghasilkan tenaga kependidikanseni musik yang ber­tanggung jawab pada pekerjaan sendiri dalam mengelola pembelajaran seni musik  dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.