RIOSA OKTAF TIANTARAPUTRA JUARA BINTANG RADIO TINGKAT DIY

Riosa Oktaf Tiantaraputra, mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih juara pertama kategori lagu hiburan putra dalam final Pemilihan Bintang Radio Indonesia dan ASEAN 2012 tingkat provinsi DIY di Auditorium RRI Gejayan, Jumat (7/9/2012) dan berhak maju mewakili DIY dalam Grand Final Nasional Bintang Radio Indonesia dan ASEAN. Judul lagu yang dibawakan kelompok putra, “Butiran Debu” Rumor, “Pergi Untuk Selamanya” Magna Charta, “Terbalas Dusta” Febrian, “Bukan Rayuan Gombal” Judika, dan “Hilang Naluri” Once.

Pada acara ini, Riosa menyanyikan lagu milik Febrian berjudul “Terbalas Dusta”. Pria kelahiran Yogyakarta 20 tahun yang lalu ini menjelaskan bahwa sejak babak penyisihan hingga final, panitia menyediakan 5 lagu dan peserta memilih salah satu di antaranya. “Tetapi pada babak final peserta menyanyikan salah satu dari kelima lagu tersebut yang diambil dengan cara undian. Otomatis saya harus menguasai kelima lagu tersebut,” kata Riosa. Dibandingkan dengan berbagai kompetisi menyanyi yang diikutinya selama ini, Riosa mengatakan bahwa Pemilihan Bintang Radio Indonesia ini lebih berat karena pesertanya diikuti kategori umum dengan usia maksimal 30 tahun.

Pemilihan Bintang Radio yang dimulai sejak 1957 ini merupakan kompetisi seni olah vokal yang legendaris, suatu pencarian bakat dengan mengutamakan kemampuan profesional bernyanyi. Radio Republik Indonesia secara konsisten menyelenggarakan pemilihan Bintang Radio pada setiap tahunnya dan telah melahirkan bintang-bintang dunia hiburan tarik suara yang ikut andil menorehkan banyak prestasi di dunia musik Indonesia. Tahun ini RRI bekerjasama dengan industri rekaman berlabel Nagaswara, kembali menggelar ajang Kompetisi Bintang Radio Indonesia dan ASEAN secara serentak di 64 stasiun RRI di seluruh Indonesia dalam tiga kategori yakni Lagu Pop Indonesia, Lagu Keroncong, dan Kategori Internasional. Puncak final nasional akan berlangsung di Medan, Sumatera Utara, pada 4-10 Oktober 2012 mendatang.(Dedy/nd)