Dr. Ayu Niza Machfauzia: Doktor Musik ke-3 FBS, UNY

FBS-Seni Musik. Fakultas Bahasa dan Seni mendapatkan kembali tambahan satu lagi doktor dalam bidang seni musik yaitu Dr. Ayu Niza Machfauzia. Ia merupaka doktor ketiga di Jurusan Pendidikan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, UNY. Gelar ini ia raih setelah hari Kamis, 18 Desember 2014 berhasil mempertahankan ujian terbuka yang diselenggarakan oleh Program Pascasarja UNY. “Interpretasi Musikal dalam Pembelajaran Praktik Instrumen di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta” adalah judul desertasinya. Menurut Dr. Ayu terdapat 6 tujuan penelitan dalam desertasi ini, yaitu: pertama, mengungkapkan dimensi-dimensi interpretasi musikal yang diajarkan, kedua, mengetahui pandangan guru terhadap konsep interpretasi musical, ketiga mengetahui pendapat guru yang lebih banyak mengajarkan teknik permainan instrumen musik dalam pembelajaran praktik instrument, keempat, mengungkapkan strategi yang digunakan guru dalam mengajarkan interpretasi musikal dalam pembelajaran praktik instrument, kelima, mengungkap persepsi siswa terhadap pembelajaran interpretasi musikal yang diajarkan, dan keenam mengungkap kompetensi guru dalam mengajarkan interpretasi musikal.

Hal yang menarik dari temuan penelitian ini adalah sebagian besar siswa tidak memahami apa yang dimaksud dengan interpretasi musikal dan kompetensi guru dalam mengajarkan interpretasi musikal masih perlu ditingkatkan lagi, baik ditinjau dari kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesionalnya. Temuan ini tentunya menjadi inspirasi bagi para peneliti lain untuk melakukan penelitian tentang kompetensi pedagogik dan profesinal. Karena kedua kompetensi ini merupakan ruh dalam proses belajar mengajar.

Terkait dengan beberapa temuan dalam penelitian ini, ia mengungkapkan kembali bahwa ada 4 hasil yang merupakan jawaban dari tujuan penelitian ini, yaitu pertama, dimensi interpretasi musikal yang diajarkan di semua kelas praktik instrumen yang menjadi subjek penelitian adalah hanya dimensi pengetahuan, kedua interpretasi musikal adalah penjiwaan, ketiga teknik permainan instrumen lebih penting diajarkan dalam pembelajaran praktik instrumen, keeempat strategi yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran interpretasi musikal adalah strategi pembelajaran langsung yang merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher-centered learning), dan menggunakan strategi dengan pendekatan individual, yaitu strategi 5 M (mempelajari, melihat, mendengarkan, membandingkan, dan mendiskusikan serta merefleksikan) dalam pembelajaran interpretasi musikal. (IA-Humas FBS)

Tags: