MAHASISWA SENI MUSIK RAIH GELAR DI ITALIA

Capaian prestasi internasional mahasiswa UNY semakin membanggakan. Sebanyak dua kategori diraih dalam ajang IV Concercorso Musicale Europeo (5-13/5/2012) di Philadelphia, Italia. Kali ini prestasi tersebut dipersembahkan oleh Mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Mereka adalah Ganter Hanggayuh Puji P, Grahita Tiar Praseti, Danar Gayuh Utama, dan Birul Walidaini. Mereka berhasil meraih peringkat II Kwartet Guitar dan peringkat II Solo Tunggal ( atas nama Birul Walidaini).

Kompetisi Internasional kali ini diikuti oleh 16 Negara yaitu Norwegia, Ukraina, Lettonia, Indonesia, New Zeland, Rusia, Spanyol, Turki, Polan, Taiwan, Thailand, Giappone, Korea Selatan, Uzbekistan, Iran, dan Italia. “Ajang ini merupakan ajang tahunan. Untuk mengikutinya, pihak panitialah yang menentukan, jadi tidak sembarang negara bisa berpartisipasi,” tutur Herwin Yogo Wicaksono, M.Pd. selaku pembimbing. Menurut informasi dari pihak Italia, disebutkan bahwa pemilihan negara difokuskan pada prestasi yang telah dicapai.

Sebelumnya, keempat mahasiswa ini telah menorehkan prestasi dengan meraih juara I dalam Kwartet Guitar Festival tingkat nasional dan meraih tiga juara sekaligus pada kategori Solo Klasik dengan penyelenggara Duatone. Pada Maret 2011 mereka juga berhasil meraih kategori aransemen terbaik. “Baik universitas, fakultas, dan alumni saling bekerja sama. Kebetulan semua capaian ini juga tidak terlepas dari campur tangan Bakti Setiadji, S.Pd. selaku alumni UNY. Ia yang berperan dalam mengaransemen instrumen yang dimainkan,” tambah Pak Herwin.

Ditanya tentang penampilan di Italia, mereka menjawab sangat terkesan dengan penjiwaan gitar klasik yang dimainkan oleh peserta dari negara lain. “Awalnya kami menargetkan, minimal bisa meraih kategori Favorit, tetapi puji syukur dengan membawakan instrumen Fantasia from Indonesia kami berhasil membawa hasil maksimal,” jelas Birul Walidaini. Aransemen Fantasia from Indonesia mengusung semangat kearifan lokal dengan mengambil esensi dari seluruh musik yang ada di Indonesia. (Fitriananda/aw)